Tips Mencuci Kebaya Payet Brukat Yang Baik Dan Benar

Posted on

Merawat baju kebaya tidak sama dengan merawat baju pada umumnya. Apalagi untuk kebaya yang mempunyai banyak payet. Jika di cuci dengan sembarangan, akan membuat payet-payet tersebut cepat rusak. Kebaya menggunakan bahan brokat yang harus di rawat sebaik mungkin. Supaya kebaya anda tetap tahan lama, anda harus merawatnya dengan benar. Pakaian asli Indonesia ini harus diperlakukan sebaik mungkin dan mempunyai perlakukan khusus. Anda tak perlu mencuci di laundry dan mengeluarkan banyak biaya. Anda bisa mencucinya sendiri di rumah dengan biaya yang murah meriah. Berikut ini tips mencuci kebaya yang baik dan benar.

Mencuci

Sebenarnya kebaya tak perlu terlalu sering di cuci. Apalagi untuk kebaya yang berbahan brukat tebal dan bermanik-manik. Seperti pada baju kebaya pengantin. Jika tidak digunakan terlalu lama, anda bisa mengangin-anginkanya saja, kemudian di cuci dalam lemari. Tetapi jika digunakan dalam waktu yang lama, anda harus tetap mencucinya karena jika tidak dicuci akan menimbulkan jamur. Jangan pernah mencuci baju kebaya dengan menggunakan mesin cuci. Cucilah kebaya dengan menggunakan tangan. Gunakan sedikit detergen saja. Anda bisa menggunakan detergen cair dan diletakan pada bagian yang kira-kira kotor. Untuk noda membandel bisa dibersihkan dengan jeruk nipis. Jangan menyikat dan tak perlu di rendam terlalu lama.

cara cuci kebaya

Menjemur Dan Menyimpan

Selain tips mencuci kebaya, anda juga harus tahu bagaimana cara menyimpan dan menjemur baju kebaya yang benar. Pada saat mencuci kebaya tak perlu diperas. Jika diperas akan membuat manik-manik cepat rusak. Jangan menjemur baju kebaya di bawah matahari langsung. Cukup di angin-anginkan saja, supaya warna kebaya tidak cepat pudar. Jika baju kebaya anda tidak terlalu berat, anda bisa menggantungnya di lemari. Tetapi untuk kebaya yang terlalu berat dengan manik-manik, lebih baik jangan di gantung karena bisa merusak bentuk kebayanya.

Anda harus pintar dalam melipat kebaya, pilihlah melipat kebaya pada bagian yang tidak terdapat payet terlalu banyak. Jangan pernah meletakkan kapur barus pada lemari pakaian anda, karena akan merusak bahan kebaya anda. Terutama kebaya yang berbahan bludru. Jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, angin-anginkan sebentar supaya tidak bau. Itulah beberapa tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *