Model Kebaya Pengantin Adat Sunda

Posted on

Model kebaya setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri. Terutama pada model kebaya pengantin. Memang secara umum kalau dilihat mempunyai model yang hampir sama. Misalnya pada model kebaya pengantin adatsunda dengan model kebaya pengantin adat jawa. Bagi orang umum pasti melihanya memiliki model yang sama. Tetapi kalau dilihat lebih detail mempunyai perbedaan. Seperti pada riasan, hiasan kebayanya dan masih banyak lainnya. Pada kesempatan kali saya akan membahas mengenai model kebaya pengantin dari jawa barat atau adat sunda. Bagi orang sunda menggunakan kebaya pada saat acara pernikahan merupakan suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan. Dengan menggunakan kebaya akan membuat pernikahan menjadi lebih hikmat dan menggambarkan suasana adat sunda yang kental.

Contoh Model Kebaya Pengantin Adat Sunda

Pakaian kebaya pengantin sunda memang mempunyai ciri khas sendiri. Sebagian besar mempunyai warna putih tulang. Kebaya sunda mempunyai filosofi yang sangat tinggi. Melihat sejarah Indonesia yang selalu kental dengan budaya kebaya dari jawa barat. Pasti banyak orang yang penasaran mengenai perbedaan kebaya pengantin jawa dan sunda. Hal ini dapat dibedakan dari pakaian pengantin pria dan tata riasnya. Untuk baju pengantin pria menggunakan atasan berbahan brukat dengan kancing di bagian depan dan aksesoris manic yang terlihat elegan dan simple. Kalau dilihat lebih teliti aksesoris kebaya sunda lebih simple dibandingkan akseoris pada kebaya jawa.

Selain model kebaya pengantin adat sunda jarang sekali menggunakan bahan bludru seperti model kebaya pengantin jawa. Untuk pengantin pria menggunakan beskap kalau sunda tidak. Dari tata rias ramputnya yang terlihat begitu berbeda. Pada pernikahan adat jawa, menggunakan paes dibagian dahi dan pentul bunga di bagian atas rambut bisa lebih dari lima. Selain itu sanggulnya ada yang besar dan kecil. Untuk pernikahan adat sunda tidak menggunakan paes ageng dan menggunakan mahkota siger. Kalau pun menggunakan bunga pentul jumlahnya hanya 5 saja, tidak boleh lebih dari lima.

Indonesia memang mempunyai budaya dan adat istiadat yang sangat banyak sekali. Ini juga mempengaruhi adat dari pernikahan serta baju pengantin. Walaupun sekarang sudah banyak kebaya yang di modifikasi menjadi bentuk yang lebih modern. Tetapi ciri khas dari setiap daerahnya tidak pernah di tinggalkan. Itulah beberapa contoh model kebaya pengantin adat sunda. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *