Bangga Jadi WNI dengan Seragam Kerja Batik

Posted on

UNESCO telah meresmikan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009. Rakyat Indonesia semakin bangga dengan keberadaan batik. Bahkan, beberapa perusahaan telah mengaplikasikan seragam kerja batik untuk para karyawannya.

Ya, Batik kini telah populer di masyarakat Indonesia. Bahkan, masyarakat Indonesia tak sungkan memakai batik untuk seragam kerjanya. Saat ini, beragam seragam batik telah beredar di pasaran.

Berikut beberapa jenis seragam batik yang ada di Indonesia saat ini.

1. Seragam Kerja Batik

Seragam jenis ini dipakai oleh pekerja atau para karyawan. Seragam batik untuk para pekerja pun banyak macamnya.

a. Kemeja Kerja Full Batik

Kemeja kerja full batik adalah kemeja kantoran atau kemeja kerja yang memiliki motif batik pada seluruh bagian kemeja kerja. Kemeja kerja yang semacam ini menampilkan sisi keaslian budaya Indonesia. Anda tinggal memilih motif dan warna yang menjadi favorit atau ciri khas perusahaan Anda.

Selain itu, Anda wajib memilih bahan kemeja yang berkualitas. Bahan kemeja kerja yang bagus biasanya dari bahan katun. Bahan katun mudah menyerap keringat sehingga kenyamanan pemakai bisa diperhitungkan.

b. Kemeja Kerja Batik Kombinasi

Kemeja kerja batik kombinasi adalah kemeja kantor atau kemeja kerja yang memiliki motif batik pada beberapa bagian saja. Motif batik bisa dijadikan sebuah variasi yang apik pada bagian kerah, pinggiran lengan, pinggiran tempat kancing baju, atau di tempat-tempat lain.

Seragam kerja batik yang semacam ini biasanya terbuat dari kombinasi beberapa jenis kain. Untuk mendapatkan jenis kain yang berkualitas, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan jasa konveksi pakaian seragam di kota Anda.

2. Seragam Sekolah Batik

Sama halnya dengan seragam batik untuk bekerja, seragam batik untuk anak sekolah pun beragam jenisnya.

a. Kemeja Sekolah Full Batik

Kemeja sekolah atau atasan full batik untuk seragam sekolah sudah banyak digunakan sejak lama. Biasanya, satu sekolah memiliki corak atau motif batik yang berbeda dengan sekolah lainnya. Dengan kata lain, hampir bisa dipastikan bahwa satu sekolah akan memiliki corak khas tertentu untuk seragam batik sekolahnya.

Kemeja sekolah yang full batik biasanya akan dipadukan dengan bawahan yang berwarna polos supaya tampilan keseluruhannya tidak terlalu ramai.

b. Kemeja Sekolah Batik Kombinasi

Kemeja sekolah batik kombinasi biasanya hanya memiliki motif batik pada beberapa bagian saja. Selebihnya, kemeja akan tampil dengan satu warna polos lengkap dengan atribut sekolah tersebut. Kemeja sekolah atau atasan sekolah batik kombinasi ini juga biasanya dipadukan dengan bawahan yang berwarna polos.

c. Bawahan (Rok atau Celana Sekolah) Batik

Ada pula sekolah yang memakai batik sebagai bahan baku dalam membuat bawahan seragam sekolah. Jika bawahan yang terbuat dari batik, maka atasannya biasanya akan terbuat dari bahan yang berwarna polos. Hal tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan paduan warna dan motif pada seragam.

Setelah mengetahui seragam kerja dan seragam sekolah batik yang ada di Indonesia, mari kita lestarikan kebudayaan asli Indonesia ini dengan bangga memakai batik. Batik tak hanya bisa dipakai dalam acara adat, acara tradisional, atau acara khusus saja.

Batik kini bisa dipakai untuk membuat seragam kerja batik dan seragam sekolah batik. Jadilah warga negara Indonesia yang baik dan banggalah menjadi WNI dengan memakai batik sebagai seragam kerja. Jika Anda ingin membuat seragam batik, Anda bisa mempercayakannya pada jasa konveksi Surewi Wardrobe yang berada di Tangerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *